VISI :

UNGGUL DALAM PRESTASI, BERIMAN, BERTAQWA, BERBUDI LUHUR, PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN SERTA PEDULI TERHADAP PENCEGAHAN COVID-19
Dalam rangka meningkatkan layanan kepada masyarakat, SMPN 1 Turi Lamongan berkomitmen untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) juga menjadikan Wilayah Bebas Korupsi (WBK)
Zona Integritas

Rabu, 26 Januari 2011

Mengetik dengan bahasa arab

Posted by Guru T.I.K 18.16, under | No comments

Mengetik dengan bahasa arab

bahasa-arabMengetik atau menulis dengan huruf latin adalah hal biasa, tetapi ketika kita akan menulis dengan huruf arab, misalnya ayat-ayat al-qur’an dan atau hadist-hadist, akan merasa kesulitan kalo belum tahu kuncinya “ya iya dunx, namanya juga belum tau”. Untuk pengetikan huruf arab diperlukan windows Arabic. Jika komputer anda belum terinstall, silahkan install terlebih dahulu, berikut panduannya.

Sedikit pengalaman saya mengenai komputer. Pada awalnya saya sama sekali tidak suka bahkan tidak ada kemauan untuk bisa komputer “maklum orang ndeso” meski dari pihak keluarga menyuruh bahkan memaksa saya untuk belajar komputer, bahkan teman-teman saya semasa SMA banyak yang kursus komputer, namun saya sama sekali tidak berminat. Nggak tahu kenapa atau mungkin sudah jalan hidup saya, yang akhirnya saya bersahabat dengan komputer sampe sekarang ini dan kayaknya saya juga tidak mau berpisah dengan komputer.

Diperbolehkan untuk tidak percaya, pertama kali saya bisa komputer adalah mengetik dengan huruf arab, kurang lebih 5 hari jari-jari saya berkenalan yang akhirnya menyatu sampe sekarang.

Nah sobat, untuk penempatan letak huruf bahasa arab pada keyboard adalah seperti gambar berikut :

keyboard-arabic

Untuk menukar atau memindah posisi mode english ke Arabic, anda bisa menggunakan mouse, dengan klik sebelah kanan bawah pada layar monitor, kemudian ganti dari EN ke AR.

mode-keyboard

Atau bisa dengan menekan tombol shift+alt, maka akan terlihat di kanan bawah layar monitor mode EN menjadi AR dan sebaliknya.

Catatan :

shift + Q : membuat Fathah

shift + A : membuat kasroh
shift + E : membuat dhomah
shift + N : fathah tanwin
shift + S : kasroh tanwin
shift + R : dhomah tanwin
shift + ~ : tasdid
shift + X : sukun

sodara juga bisa memanfaatkan layanan arabaic online, sebagai bahan acuan dasar untuk lebih mengenal posisi-posisi atau tata letak huruf arab pada keyboard. namun jangan terlalu mengandalkan layanan praktis tersebut, karena tidak selamanya dan mungkin kurang baik, jika kita selalu bergantung dan mengandalkan pada sesuatu atau orang lain.

nah untuk layanan arabic online silahkan sodara bersilaturrahmi ke :
1. www.arabic-keyboard.org
2. www.newsbee.org/keyboard.html
3. www.annawwar.com/arabickeyboard.html
4. www.gate2home.com

0 komentar:

Ayo bergabung dengan IKASNESATULA (Ikatan Keluarga Alumni SMP Negeri 1 Turi Lamongan )

video snesatula

Blog Archive

Link Khusus :

Khataman Al Quran

Khataman Al Quran
Kegiatan One Week One Juz

Popular Posts